Jumat, 26 Oktober 2012
Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Nama: Alfalah Difa Nawi
kelas: 4PA05
NPM: 12509191
A. Sejarah Artificial Intelligence
Kecerdasan buatan didefinisikan sebagai suatu kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan, dan robotika. Kecerdasan buatan adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal ini biasanya dilakukan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/intelegensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer.
- Pada awal abad 17, Rene Decartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit.
- Blaise Pascal menciptkan mesin penghitung digital mekanis petama pada 1642
- Pada abad ke 19 Charles Babage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin mekanis yang dapat diprogram
- Pada 1943 Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktifitas” yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.
- Tahun 1959, Nathaniel Rochester dari IBM dan para mahasiswanya mengeluarkan program AI yaitu geometry theorm prover. Program ini dapat membuktikan suatu teorema menggunakan axioma-axioma yang ada.
Latar Belakang Artificial Intelligence
Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan inovasi baru di bidang ilmu pengetahuan. Mulai ada sejak muncul komputer modern, yakni pada 1940 dan 1950. Ini kemampuan mesin elektronika baru menyimpan sejumlah besar info, juga memproses dengan kecepatan sangat tinggi menandingi kemampuan manusia.
Kecerdasan buatan mungkin satu dari perkembangan yang paling besar di abad ini. Hal ini akan mempengaruhi kehidupan negara-negara yang memainkan peranan penting dalam perkembangan kecerdasan buatan, yang kemudian muncul sebagai Negara-negara adikuasa.
Artificial Intellegence dapat dipandang dalam berbagai perspektif:
a. Perpesktif Kecerdasan: AI adalah bagaimana membuat mesin yang cerdas dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.
b.Perspektif Bisnis: AI adalah sekelompok alat bantu (tools)yang berdaya guna dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
c. Perspektif pemrograman (programming): AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik pemecahan masalah, proses pencarian.
Tujuan Artificial Intelligence:
- Untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah, masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifitas intelektual manusia. Misalnya, pengolahan citra, perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.
- Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja.
Macam-macam Artificial Intelligence:
a. Jaringan Syaraf Buatan (Artificial Neural Networks)
Merupakan sekelompok jaringan syaraf (neuron) buatan yang menggunakan model matematis atau komputasi untuk pemrosesan informasi berdasarkan pendekatan terhubung pada komputasi. Pada kebanyakan kasus, JST merupakan sistem maladaptif yang merubah strukturnya berdasarkan informasi eksternal maupun internal yang mengalir melalui jaringan tersebut.
b. Logika Fuzzy
c.Algoritma Genetik (Genetic Alghorithms)
Algoritma genetik biasanya digunakan dibidang kedokteran, misalnya untuk menganalisa DNA.
d. Robotika (Robotics)
Artificial Intelligence ini banyak digunakan di pabrik. Biasanya dibuat untuk melakukan kegiatan otomatisasi, misal dalam PLC (Programmable Logic Control).
e. Permainan komputer (Games)
Artificial Intelligence ini yang paling disukai oleh anak-anak, misal untuk memainkan game Age Of Mythology atau Counter Strike.
B. Sistem Pakar (Expert System)
Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960 dan 1970 dan diterapkan secara komersil selama 1980. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Sistem pakar berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasanya dilakukan para ahli. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja para ahli.
Contoh Sistem Pakar:
- MYCIN: Diagnosa Penyakit
- Dendral: Mengidentifikasi struktur molekular campuran yang tak dikenal
- XCON dan XSEL: membantu konfigurasi sistem komputer besar.
- Sophie: Analisis sirkit elektronik
- Prospector: digunakan didalam geologi untuk membantu mencari dan menemukan deposit.
- Folio: Membantu memberikan keputusan bagi seorang manajer dalam hal stok broker dan investasi.
- Delta: Pemelihara lokomotif distrik disel.
Struktur Sistem Pakar
Sistem pakar disusun oleh dua bagian utama yaitu lingkungan pengembangan (development environment) dan lingkungan konsultasi (consultation environment) (Turban, 1955). Lingkungan pengembangan sistem pakar digunakan untuk memasukan pengetahuan pakar ke dalam lingkungan sistem pakar, sedangkan lingkungan konsultasi digunakan oleh pengguna yang bukan pakar guna memperoleh pengetahuan pakar.
Beberapa Program Artificial Intelligence
a. Logic Theorist
Adalah program yang mampu membuktikan beberapa teorema yang terdapat pada bab pertama Principia Matematica karya Whitehead dan Russel.
b. Eliza
Di program oleh Joseph Weinzenbaum (1967). Program ini mampu melakukan terapi bagi pasein dengan memberikan beberapa pertanyaan.
c. Parry
Adalah sistem pakar yang juga paling awal dikembangkan di Stamford University oleh seorang Psikiater, Kenneth Colby, yang mensimulasikan seseorang paranoid.
d. Nettalk
Program ini jenisnya cukup berbeda, berdasarkan pada jarring neuron sehingga dinamakan nettalk. Program ini dikembangkan oleh sejnowki disekolah medis Harvard dan Rosenberg di Princeton University. Dalam program ini nettalk membaca tulisan dan mengucapkannya keras-keras.
C. Persamaan dan Perbedaan antara Sistem Pakar dan Kecerdasan Buatan
Sistem pakar termasuk ke dalam bagian dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Persamaannya adalah sama-sama mempunyai tujuan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam suatu penyelesaian masalah dan perbedaan nya adalah kalau sistem pakar mengacu kepada si perancang itu sendiri sebagai objek dalam menyiapkan suatu sistem guna mendapatkan hasil yang maksimal sedangkan kecerdasan buatan mengacu kepada jalur atau langkah yang sebagian besar berorientasi kepada hardware guna mencapai hasil yang maksimal.
REFERENSI:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
http://rehulina.wordpress.com/2009/08/05/pengertian-kecerdasan-buatan/
http://stepia.wordpress.com/2009/08/09/sejarah-kecerdasan-buatan/
http://vandredi-blog.blogspot.com/2010/11/sejarah-kecerdasan-buatan.html
http://hujan-hitam.blogspot.com/2010/11/sejarah-kecerdasan-buatan.html
http://call-lonk.blogspot.com/2010/12/sejarah-kecerdasan-buatan.html
http://wine-homework.blogspot.com/2010/03/kecerdasan-buatan-dan-manfaat-latar.html
http://www.scribd.com/doc/12939167/La-Definisi-Kecerdasan-Buatan
http://stepia.wordpress.com/2009/08/09/macam%E2%80%93macam-kecerdasan-buatan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pakar
http://blog.uin-malang.ac.id/asma/category/kecerdasan-buatan/
http://gaptechnology.wordpress.com/2010/03/23/struktur-sistem-pakar/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/jelaskan-pemgertian-sistem-informasi-berbasis-komputer-dengan-contoh-sistem-pakar/
http://www.gudangmateri.com/2010/04/aplikasi-bidang-kecerdasan-buatan.html
http://ayoraihprestasi.blogspot.com/2012/09/kecerdasan-buatan-artificial.html
http://www.scribd.com/doc/101538505/Makalah-Sistem-Pakar-1
http://blogsyurika.blogspot.com/2012/10/sistem-informasi-psikologi-5-kognisi.html
http://muhtarul12.blogspot.com/2010/02/sistem-pakar-dan-kecerdasan-buatan.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
kita juga punya nih jurnal mengenai kecerdasan buatan , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5447/1/JURNAL.pdf semoga bermanfaat yaa :)
BalasHapus